Dukungan Moral LSM dan Masyarakat untuk Bawaslu Probolinggo dalam Menjaga Independensi Pengawasan Pilkada 2024

Probolinggo – Pada Rabu, 18 September 2024, LSM Laskar Advokasi Siliwangi bersama tokoh masyarakat dan pemuda melakukan audiensi dengan komisioner Bawaslu Kabupaten Probolinggo. Pertemuan yang berlangsung sekitar pukul 09.00 WIB tersebut diadakan di kantor Bawaslu yang terletak di Jl. MT. Haryono No. 466, Semampir, Kecamatan Kraksaan.

 

Audiensi ini bertujuan untuk memberikan dukungan moral kepada Bawaslu Kabupaten Probolinggo dalam menjalankan tugas dan fungsi pengawasan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Probolinggo. Dukungan ini diharapkan dapat memperkuat independensi Bawaslu dalam melaksanakan pengawasan pemilihan dan memastikan pelaksanaan Pilkada berjalan dengan kualitas tinggi.

 

Ketua Laskar Advokasi Siliwangi, Syaiful Bahri, dalam kesempatan tersebut menegaskan pentingnya Bawaslu untuk tetap independen dan tidak terpengaruh oleh oknum atau kelompok tertentu yang mungkin mencoba mengintervensi proses pengawasan. “Jangan sampai Bawaslu terpengaruh terhadap upaya-oknum atau kelompok tertentu yang mencoba mengintervensi atau menyetir Bawaslu guna memenuhi hasrat kepentingan politik tertentu,” tegas Syaiful.

 

Ia menambahkan, dengan dinamika politik yang semakin hangat di Kabupaten Probolinggo, indikasi adanya intervensi politik semakin terasa. Untuk itu, Laskar Advokasi Siliwangi bersama masyarakat yang peduli terhadap pelaksanaan Pilkada yang demokratis siap berada di garda terdepan untuk mendukung Bawaslu, selama Bawaslu tetap berpegang teguh pada aturan yang ada.

 

Syaiful juga mengingatkan agar setiap pengaduan atau laporan yang masuk dievaluasi secara menyeluruh untuk memastikan kevalidan data, guna mencegah adanya framing negatif yang dapat menciptakan kegaduhan dalam pelaksanaan Pilkada. “Kita harus bersinergi untuk melahirkan pesta demokrasi yang nyaman, aman, dan demokratis. Jangan sampai terjadi kegaduhan yang nantinya melahirkan sikap apatis dari masyarakat untuk datang ke TPS,” ujar Syaiful.

 

Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo, Yonki Hendriyanto, mengapresiasi dukungan moral yang diberikan oleh Laskar Advokasi Siliwangi dan masyarakat. Ia menegaskan bahwa pihaknya akan terus menjaga integritas dan independensi dalam melaksanakan tugas dan fungsi pengawasan Pilkada 2024. “Kami memang harus berintegritas dan profesional. Hal itu sudah menjadi komitmen kami sebagai penyelenggara pemilihan. Kami sampaikan terima kasih atas dukungan moral dan support yang diberikan,” ujar Yonki.

 

Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, diharapkan proses Pilkada 2024 di Kabupaten Probolinggo dapat berjalan dengan lancar, adil, dan transparan, serta memperoleh kepercayaan penuh dari masyarakat.

 

(Tim/Red/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *