TNI  

Musyawarah Desa Sogaan: Kodim 0820 Probolinggo Kawal Perubahan APBDes

**Probolinggo,** — Kodim 0820/Probolinggo, melalui Koramil jajaran, bersama forum koordinasi tingkat kecamatan, hadir dalam pelaksanaan musyawarah desa (Musdes) di Desa Sogaan, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo, pada Kamis (3/10). Musdes ini menjadi momentum penting dalam membahas perubahan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun anggaran 2024.

 

Dalam musyawarah tersebut, anggota Koramil 0820/17 Pakuniran, Pelda Humaidi, mengungkapkan bahwa kehadiran mereka bertujuan untuk memantau dan mengawal jalannya Musdes. “Kami hadir untuk memantau dan mengawal jalan musyawarah desa dengan harapan apa yang dihasilkan sesuai dengan keinginan masyarakat, bukan untuk kepentingan golongan atau individu,” ujar Pelda Humaidi.

 

Pelda Humaidi menekankan pentingnya musyawarah desa sebagai forum untuk menyelesaikan permasalahan dan memastikan perencanaan program terus berjalan. “Dengan musyawarah ini, diharapkan permasalahan dapat terselesaikan dengan baik sehingga program yang direncanakan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tambahnya.

 

Lebih lanjut, Bati Tuud Koramil 0820-17/Pakuniran menegaskan bahwa musyawarah desa adalah proses kolaboratif antara pemerintah desa dan unsur masyarakat. “Musyawarah desa merupakan proses partisipatif, demokratis, transparan, dan akuntabel, yang didasarkan pada hak dan kewajiban masyarakat. Hasil dari Musdes ini adalah kesepakatan bersama,” jelasnya.

 

Pelaksanaan Musdes di Desa Sogaan ini menjadi contoh komitmen bersama dalam membangun desa. Kehadiran aparat TNI sebagai mitra pemerintah desa menunjukkan dukungan mereka dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan semangat kolaborasi, diharapkan setiap program yang dihasilkan dari Musdes dapat membawa dampak positif bagi masyarakat.

 

**Sumber:** Pen0820/Probolinggo

**Published:** Edi D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *