TNI  

Kodim 1505/Tidore Gelar Upacara Pembukaan Perkemahan Saka Wira Kartika

FB IMG 1718423965622
FB IMG 1718423965622

Tidore | Sabtu, 15 Juni 2024 – Kodim 1505/Tidore menggelar upacara pembukaan Perkemahan Saka Wira Kartika yang berlangsung dengan penuh semangat dan antusiasme. Upacara ini dibuka oleh Kasdim 1505/Tidore, Mayor Inf Kusairi, di lapangan upacara Kodim 1505/Tidore pada pagi hari tadi.

Kasdim 1505/Tidore Mayor Inf Kusairi membacakan amanat Komandan Kodim 1505/Tidore, Letkol Kav. Calter Purba, ST, menyampaikan pentingnya kegiatan ini sebagai bagian dari pembinaan karakter generasi muda. “Perkemahan Saka Wira Kartika ini bertujuan untuk membentuk nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, serta kepedulian tentang melestarikan lingkungan dan alam sekitar,” ujar Kasdim Mayor Inf Kusairi.

“Melaui kegiatan ini dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistemnya serta mencegah pemanasan global. Selaras dengan tema kegiatan yaitu “Bersatu dengan Alam Rehabilitasi kawasan hutan dan lahan basah”.

Salah satu peserta, Fahri, menyatakan kegembiraannya dapat mengikuti kegiatan ini. “Saya sangat senang bisa berpartisipasi dalam perkemahan ini. Selain menambah ilmu dan keterampilan, kami juga bisa menambah teman baru dari berbagai gudep di Wilayah Kota Tidore,” ujarnya dengan semangat.

Upacara pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Kasdim 1505/Tidore kepada perwakilan peserta perkemahan.

Setelah upacara pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemberian materi yang meliputi Pelatihan Baris-Berbaris (PBB), Penanggulangan Bencana, Pioneer, dan Survival dan wawasan kebangsaan. Para peserta, yang terdiri dari pramuka Saka Wira Kartika dari berbagai gudep di wilayah Kota Tidore, tampak antusias mengikuti setiap sesi yang diberikan oleh para instruktur dari Kodim 1505/Tidore.

Dengan diselenggarakannya Perkemahan Saka Wira Kartika ini, diharapkan dapat mencetak generasi muda yang tangguh, disiplin, mandiri, memiliki semangat bela negara, serta rasa kepedulian dan bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan alam, tutup Kasdim.

Perkemahan Saka Wira Kartika ini akan berlangsung selama dua hari (Sabtu-Minggu), diisi dengan berbagai kegiatan yang mendidik dan menginspirasi, serta diakhiri dengan upacara penutupan yang direncanakan akan ditutup pada hari Minggu.***

**(TNI AD, Penerangan Kodim 1505/Tidore | Andre)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *