TNI  

Kodam XII/Tanjungpura Gelar Apel Gabungan Tanggulangi Banjir di Kalbar

KALBAR, UPDATENEWS86.COM – Kodam XII/Tanjungpura melaksanakan apel gabungan gelar pasukan dalam rangka penanggulangan banjir di Kalimantan Barat di halaman Makodam XII, Rabu 20 Desember 2023.

Pj Gubernur Kalbar Harisson menyampaikan ada sejumlah Kabupaten di Kalbar yang rawan banjir, diantaranya Kapuas Hulu, Sintang, Landak, Sekadau, Melawi, dan Kabupaten Ketapang.

“Daerah tersebut termasuk langganan banjir, dan memang harus kita siapkan betul – betul, mitigasi agar tidak menimbulkan korban jiwa dan materil yang besar,” ujarnya. 

Untuk mencegah banjir, ia telah meminta kementrian PU dan jajaran untuk melakukan pengerukan sungai di daerah yang sudah mengalami pendangkalan.

Kemudian, Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan penanggulangan banjir dan bencana lain tidak dapat dilakukan satu pihak.

Oleh sebab itu dirinya mengajak seluruh stakeholder bersama – sama menanggulangi banjir ini.

Ia mengatakan, personel Kodam XII telah disiapkan berbagai wilayah rawan untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir.

“Personel kita totalitas, tentunya setiap daerah berbeda kebutuhannya personel maupun perlengkapan, dan setiap daerah rawan sudah kita siapkan personelnya,” jelasnya.

“Kami sudah mengintruksikan kepada seluruh jajaran agar sepenuh hati, personel, tenaga, fikiran, untuk membantu kesulitan masyarakat terkait banjir,” ujarnya. (RI/Dispenad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *